Kegiatan
Belajar 2.
Kelebihan dan
Kelemahan serta Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran
Pada kegiatan
belajar 1 anda telah membaca uraian tentang jenis-jenis media pembelajaran,
selanjutnya kita akan melihat kelebihan dan kelemahan serta kriteria dalam
pemilihan media, simaklah baik-baik uraian berikut ini
A. Kelebihan
jenis-jenis teknologi pembelajaran
Setiap media
memiliki keunggulannya masing-masing dibandingkan dengan media yang satu dengan
yang lainnya, berikut beberapa kelebihan media di antaranya:
Media visual, merupakan media
pembelajaran yang harganya relatif murah, mudah diperoleh dan mudah juga
digunakan, selain itu media visual dapat menjelaskan pembelajaran yang bersifat
abstrak menjadi lebih konkret (Angkowo dan Kokasih, 2007) sehingga mudah untuk
dipahami.
Media audio, dengan
menggunakan media audia maka dapat melatih konsentrasi peserta didik, sehingga
sangat cocok pada pembelajaran bahasa dan musik (Susilana dan Riyana, 2009),
dengan pemusatan perhatian peserta didik dengan apa yang didengarnya saja,
selain itu penggunaan audio dapat menjangkau massa yang banyak, selain itu
dapat dengan mudah diperoleh.
Media audio
visual, dengan media ini maka akan lebih menarik, karena
selain dapat dilihat juga dapat didengar, sehingga peserta didik tidak mudah
bosan dan akan lebih mudah memahami maknanya dengan kata lain informasi yang
disampaikan lebih aktual (Harjanto, 2000), selain itu
pendidik juga tidak kehabisan tenaga dalam mengajar, karena adanya media yang
medukung.
Media
multimedia. ada beberapa hal yang menjadi kelebihan dari media ini
dibandingkan dengan media yang lainnya, karena media ini menggabungkan beberapa
media yang ada, adapun keunggulan media ini antara lain: memberikan ketertarikan
peserta didik dengan karakteristik peserta didik yang berbeda-beda,
menghadirkan pembelajaran serta menuntun peserta didik yang interaktif (Nopriyanti
dan Sudira, 2015, sehingga dapat memotivasi peserta didik).
Media Grafis, merupakan media
yang dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman peserta didik, serta dapat
dilengkapi dengan warna-warni sehingga dapat menarik perhatian lebih (Susilana
dan Riyana, 2009), juga dapat dengan mudah serta murah dalam mendapatkannya.
Media Realia, media ini
dapat membantu peserta didik menyaksikan secara nyata baik itu situasi ataupun
objek yang dimaksud (Ibrahim dan Syaodih, 2003), sehingga peserta didik dapat
menggunakan banyak indranya dalam memahami pembelajaran yang ada.selain itu
peserta didik tidak akan mudah bosan dalam pembelajaran.
B. Kelemahan
jenis-jenis teknologi pembelajaran
Media visual, merupakan media
pembelajaran yang harus dirancang sedemikian rupa, agar tidak membosankan, baik
itu ukuran maupun warnanya, selain itu unsur pesan yang terdapat pada media harus
diperjelas (Arsyad, 2017) agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima oleh
peserta didik sesuai dengan harapan.
Media audio, merupakan media
yang hanya bersifat satu arah, membutuhkan perhatian penuh atau konsentrasi
tinggi, selain itu membutuhkan kelas yang benar-benar tenang, jika menggunakan
siaran langsung, maka materi/pesan tidak dapat diulang (Susilana dan Riyana,
2009), juga membutuhkan alat yang cukup memadai misalnya sound sistem,
dll.
Media audio
visual, merupakan media yang bersifat satu arah, memerlukan
keahlian dalam pembuatannya (Susilana dan Riyana, 2009) serta alat yang memadai
dalam penyajiannya sehingga membutuhkan persiapan yang matang agar tidak
terjadi gangguan dalam pembelajaran.
Media multimedia,
media ini membutuhkan biaya yang relatif mahal dalam
mendesainnya, selain itu membutuhkan keterampilan pendidik yang memadai, selain
itu infrastruktur juga harus tersedia (Rakim, 2008), sedangkan masih banyak
daearah yang belum tersentuh oleh teknologi dan keterampilan pendidik yang memadai.
Media grafis, dalam
pembuatannya membutuhkan keterampilan khusus serta hanya dapat digunakan pada
penyajian pesan yang berupa visual (Susilana dan Riyana, 2009). Selain tidak
semua pembelajaran dapat disajikan menggunakan media grafis.
Media Realia, media ini
memiliki kekurangan di mana pendidik akan kesulitan jika harus membawa peserta
didik di luar sekolah, karena bisa jadi akan terjadi kecelakaan, sehingga ini
akan beresiko, dan dalam menghadirkan objek yang akan dijadikan media akan
membutuhkan biaya yang besar (Ibrahim dan Syaodih, 2003), sehingga tidak semua
dapat dihadirkan dalam pembelajaran.
C. Kriteria
Pemilihan Media
Karena kita
telah membahas beberapa jenis media pada kajian sebelumnya, tentu kita perlu
ketahui bahwa, banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan media,
tentunya dari sekian banyak media yang ada, tidak semua setiap media
pembelajaran dapat digunakan untuk mencapai tujuan pengajaran, dan setiap media
pembelajaran dapat membantu pendidik dalam melaksanakan satu atau beberapa
fungsi dalam pembelajaran, seperti mengisahkan, mengontrol/mengecek, memberikan
penguatan dan mengadakan evaluasi. Bahkan ada kemungkinan, media dapat mengambil
alih peran pendidik (Mahnun, 2012), contohnya film yang mengisahkan proses
pertumbuhan janin dalam rahim seorang ibu.
Selain itu ada
beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media pembelajaran
agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik, di antaranya: 1) Beberapa
kendala yang mungkin akan muncul dalam pembelajaran menyangkut dana, fasilitas,
waktu, dan sumber daya manusia yang tentunya harus memadai (ketersediaan
sumber) (Duludu, 2017), dimana pendidik harus mampu menggunakan/mengaplikasikan
media yang hendak digunakannya dalam pembelajaran, tentunya hal ini perlu dipertimbangkan
sebelum memilih media pembelajaran, 2) konten atau isi pembelajaran, hal ini
tentunya menyangkut tujuan pembelajaran itu sendiri (Darmadi, 2017), hal yang
hendak dicapai dengan penggunaan suatu media harus sejalan antara keduanya, 3)
kemampuan peserta didik, hal ini tentu menyangkut karakteristik peserta didik
(Hardianto, 2016), seorang pendidik harus mengetahui kemampuan awal peserta
didiknya agar mampu merancang pembelajaran yang seperti apa yang cocok dengan
peserta didik hal ini tentu berlaku dalam menentukan media yang hendak
digunakan, 4) ketertarikan peserta didik serta pendidik, artinya tingkat
kesenangan atau kecenderungannya harus juga dipertimbangkan dalam pemilihan
media pembelajaran (Satrianawati, 2018). Setelah melihat beberapa faktor yang
harus dipertimbangkan dalam memilih media dapat dikerucurutkan antara lain:
Tujuan pembelajaran, ketersediaan fasilitas/media, dana dan waktu, keterampilan
pendidik, karakteristik peserta didik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar