Minggu, 01 Juli 2018

MODUL 2. KEGIATAN BELAJAR 2


Kegiatan Belajar 2.
Kelebihan dan Kelemahan serta Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran

Pada kegiatan belajar 1 anda telah membaca uraian tentang jenis-jenis media pembelajaran, selanjutnya kita akan melihat kelebihan dan kelemahan serta kriteria dalam pemilihan media, simaklah baik-baik uraian berikut ini
A.    Kelebihan jenis-jenis teknologi pembelajaran
Setiap media memiliki keunggulannya masing-masing dibandingkan dengan media yang satu dengan yang lainnya, berikut beberapa kelebihan media di antaranya:
Media visual, merupakan media pembelajaran yang harganya relatif murah, mudah diperoleh dan mudah juga digunakan, selain itu media visual dapat menjelaskan pembelajaran yang bersifat abstrak menjadi lebih konkret (Angkowo dan Kokasih, 2007) sehingga mudah untuk dipahami.
Media audio, dengan menggunakan media audia maka dapat melatih konsentrasi peserta didik, sehingga sangat cocok pada pembelajaran bahasa dan musik (Susilana dan Riyana, 2009), dengan pemusatan perhatian peserta didik dengan apa yang didengarnya saja, selain itu penggunaan audio dapat menjangkau massa yang banyak, selain itu dapat dengan mudah diperoleh.
Media audio visual, dengan media ini maka akan lebih menarik, karena selain dapat dilihat juga dapat didengar, sehingga peserta didik tidak mudah bosan dan akan lebih mudah memahami maknanya dengan kata lain informasi yang disampaikan lebih aktual (Harjanto, 2000), selain itu pendidik juga tidak kehabisan tenaga dalam mengajar, karena adanya media yang medukung.
Media multimedia. ada beberapa hal yang menjadi kelebihan dari media ini dibandingkan dengan media yang lainnya, karena media ini menggabungkan beberapa media yang ada, adapun keunggulan media ini antara lain: memberikan ketertarikan peserta didik dengan karakteristik peserta didik yang berbeda-beda, menghadirkan pembelajaran serta menuntun peserta didik yang interaktif (Nopriyanti dan Sudira, 2015, sehingga dapat memotivasi peserta didik).
Media Grafis, merupakan media yang dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman peserta didik, serta dapat dilengkapi dengan warna-warni sehingga dapat menarik perhatian lebih (Susilana dan Riyana, 2009), juga dapat dengan mudah serta murah dalam mendapatkannya.
Media Realia, media ini dapat membantu peserta didik menyaksikan secara nyata baik itu situasi ataupun objek yang dimaksud (Ibrahim dan Syaodih, 2003), sehingga peserta didik dapat menggunakan banyak indranya dalam memahami pembelajaran yang ada.selain itu peserta didik tidak akan mudah bosan dalam pembelajaran.
B.     Kelemahan jenis-jenis teknologi pembelajaran
Media visual, merupakan media pembelajaran yang harus dirancang sedemikian rupa, agar tidak membosankan, baik itu ukuran maupun warnanya, selain itu unsur pesan yang terdapat pada media harus diperjelas (Arsyad, 2017) agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima oleh peserta didik sesuai dengan harapan.
Media audio, merupakan media yang hanya bersifat satu arah, membutuhkan perhatian penuh atau konsentrasi tinggi, selain itu membutuhkan kelas yang benar-benar tenang, jika menggunakan siaran langsung, maka materi/pesan tidak dapat diulang (Susilana dan Riyana, 2009), juga membutuhkan alat yang cukup memadai misalnya sound sistem, dll.
Media audio visual, merupakan media yang bersifat satu arah, memerlukan keahlian dalam pembuatannya (Susilana dan Riyana, 2009) serta alat yang memadai dalam penyajiannya sehingga membutuhkan persiapan yang matang agar tidak terjadi gangguan dalam pembelajaran.
Media multimedia, media ini membutuhkan biaya yang relatif mahal dalam mendesainnya, selain itu membutuhkan keterampilan pendidik yang memadai, selain itu infrastruktur juga harus tersedia (Rakim, 2008), sedangkan masih banyak daearah yang belum tersentuh oleh teknologi dan keterampilan pendidik yang memadai.
Media grafis, dalam pembuatannya membutuhkan keterampilan khusus serta hanya dapat digunakan pada penyajian pesan yang berupa visual (Susilana dan Riyana, 2009). Selain tidak semua pembelajaran dapat disajikan menggunakan media grafis.
Media Realia, media ini memiliki kekurangan di mana pendidik akan kesulitan jika harus membawa peserta didik di luar sekolah, karena bisa jadi akan terjadi kecelakaan, sehingga ini akan beresiko, dan dalam menghadirkan objek yang akan dijadikan media akan membutuhkan biaya yang besar (Ibrahim dan Syaodih, 2003), sehingga tidak semua dapat dihadirkan dalam pembelajaran.
C.    Kriteria Pemilihan Media
Karena kita telah membahas beberapa jenis media pada kajian sebelumnya, tentu kita perlu ketahui bahwa, banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan media, tentunya dari sekian banyak media yang ada, tidak semua setiap media pembelajaran dapat digunakan untuk mencapai tujuan pengajaran, dan setiap media pembelajaran dapat membantu pendidik dalam melaksanakan satu atau beberapa fungsi dalam pembelajaran, seperti mengisahkan, mengontrol/mengecek, memberikan penguatan dan mengadakan evaluasi. Bahkan ada kemungkinan, media dapat mengambil alih peran pendidik (Mahnun, 2012), contohnya film yang mengisahkan proses pertumbuhan janin dalam rahim seorang ibu.
Selain itu ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media pembelajaran agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik, di antaranya: 1) Beberapa kendala yang mungkin akan muncul dalam pembelajaran menyangkut dana, fasilitas, waktu, dan sumber daya manusia yang tentunya harus memadai (ketersediaan sumber) (Duludu, 2017), dimana pendidik harus mampu menggunakan/mengaplikasikan media yang hendak digunakannya dalam pembelajaran, tentunya hal ini perlu dipertimbangkan sebelum memilih media pembelajaran, 2) konten atau isi pembelajaran, hal ini tentunya menyangkut tujuan pembelajaran itu sendiri (Darmadi, 2017), hal yang hendak dicapai dengan penggunaan suatu media harus sejalan antara keduanya, 3) kemampuan peserta didik, hal ini tentu menyangkut karakteristik peserta didik (Hardianto, 2016), seorang pendidik harus mengetahui kemampuan awal peserta didiknya agar mampu merancang pembelajaran yang seperti apa yang cocok dengan peserta didik hal ini tentu berlaku dalam menentukan media yang hendak digunakan, 4) ketertarikan peserta didik serta pendidik, artinya tingkat kesenangan atau kecenderungannya harus juga dipertimbangkan dalam pemilihan media pembelajaran (Satrianawati, 2018). Setelah melihat beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih media dapat dikerucurutkan antara lain: Tujuan pembelajaran, ketersediaan fasilitas/media, dana dan waktu, keterampilan pendidik, karakteristik peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar